UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS IKLAN DENGAN
MENGGUNAKAN MEDIA FACEBOOK
(Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa kelas X SMK Negeri 11 Bandung Tahun Ajaran 2011-2012)
(Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa kelas X SMK Negeri 11 Bandung Tahun Ajaran 2011-2012)
PROPOSAL PENELITIAN
diajukan sebagai syarat untuk mengikuti seminar
proposal penelitian dalam rangka penyusunan skripsi
oleh
NURUL HIKMAH
NIM 0808899
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2011
PROPOSAL
SKRIPSI
A. Judul
Penelitian
Judul penelitian
ini adalah “ Upaya Meningkatkan Pembelajaran Menulis Iklan dengan Menggunakan
Media Facebook (Penelitian Tindakan
Kelas Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Bandung Tahun Ajaran 2011-2012)”
B. Latar
Belakang Masalah
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang
harus dikuasai oleh setiap pembelajar bahasa. Keterampilan menulis tidak akan
datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktik yang banyak
dan teratur (Tarigan, 1994:4).
Menulis
merupakan kegiatan atau keterampilan yang masih dipandang sulit dan kompleks
oleh sebagian besar siswa. karena menulis berkaitan erat dengan aktivitas
berpikir yang mensyaratkan sekaligus
menuntut adanya kemampuan berfikir yang memadai yang menggambarkan keluasan
wawasan dan menuntut berbagai aspek terkait lainnya, seperti penguasaan materi
tulisan, pengetahuan Bahasa tulis, dan motivasi yang kuat.
Keterampilan menulis adalah keterampilan yang paling sulit
jika dibandingkan dengan keterampilan lainnya seperti membaca dan menyimak
untuk memperoleh informasi dan ide untuk dituangkan dalam tulisan. Menurut
Nursisto (1999: 104), menulis merupakan kegiatan selangkah lebih maju guna
memberdayakan potensi kreativitas siswa sekaligus menghadirkan
pengorganisasian. Salah satu bentuk kegiatan menulis adalah menulis iklan.
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru kelas X
dan siswa kelas X SMK Negeri 11 Bandung pada hari Jum’at tanggal 19 0ktober
2011 dalam pembelajaran menulis iklan, masih ditemukan beberapa kendala dan
hambatan yang timbul dari guru maupun siswa di antaranya yaitu dalam proses
pembelajaran menulis iklan selama ini kurang menggembirakan. Dapat disimpulkan
bahwa guru tidak bisa menggunakan teknik
atau metode lain selain tanya jawab,
diskusi dan ceramah. Selain itu guru juga jarang menggunakan media dalam
pembelajaran menulis dan hanya memberi contoh yang ada di buku ajar. Jadi, hal
tersebut sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam menulis iklan.
Sedangkan peserta didik memerlukan suatu sistem pendidikan yang memberikan
peluang untuk dapat mengekspresikan dirinya secara leluasa.
Dari hasil wawancara pada sebagian siswa kelas X SMK Negeri
11 Bandung mengatakan bahwa siswa sering merasa malas dan mengalami kesulitan
dalam pebelajaran menulis iklan yang dikarenakan oleh beberapa faktor, yaitu
sulitnya menemukan ide atau inspirasi untuk menulis, sulitnya menuagkan ide ke
dalam bentuk kalimat yang baik, dan sulitnya merancang kalimat yang komunikatif
dan persuasive dalam menulis iklan.
Melihat dari kondisi tersebut, akhirnya penulis mempunyai ide
untuk memperbaiki pembelajaran tersebut dengan memanfaatkan media facebook dalam pembelajaran menulis iklan
di kelas X. karena pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses
penyampaian pesan dari sumber pesan melalui media tertentu ke penerima pesan
(Yuniarti, 2009:2).
Internet dapat diberdayakan dalam pelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia di sekolah. Salah satu aplikasi di dalam internet yang dapat
dimanfaatkan adalah facebook.
Aplikasi ini berpotensi besar karena sifatnya sebagai buku catatan virtual yang
ekonomis dan praktis.
C.
Perumusan dan Pemecahan Masalah
1.
Rumusan masalah
Berdasarkan
penelitian awal yang dilakukan pada tanggal
19 oktober 2011, penulis menemukan beberapa
permasalahan mendasar yang menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan menulis iklan
di kelas X SMK Negeri 11 Bandung.
Permasalahan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut. Permasalahan yang pertama adalah
hampir sebagian besar siswa kelas X
SMK Negeri 11 Bnadung kesulitan untuk menulis iklan
dengan bahasanya sendiri,
kata-katanya sendiri atau pun gagasannya sendiri, Permasalahan yang kedua,
siswa kesulitan menentukan tema sebuah iklan. Permasalahan yang ketiga adalah
siswa kelas X SMK Negeri 11 Bandung mendapat
kesulitan menggunakan kata-kata (kosakata) untuk dituangkan ke dalam sebuah iklan
yang ingin mereka tulis. Masalah umum penelitian ini dapat dijabarkan sebagai
berikut:
1.
Bagaimana
perencanaan pembelajaran menulis iklan dengan menggunakan media facebook di SMK Negeri 11 Bandung?
2.
Bagaiman
proses pembelajaran menulis iklan dengan menggunakan media facebook di SMK 11 Bandung?
3.
Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis poster
dengan menggunakan media facebook di SMK Negeri 11 Bandung?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar