Jumat, 30 Desember 2011

proposal PTK


UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FACEBOOK
(Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa kelas X SMK Negeri 11 Bandung Tahun Ajaran 2011-2012)

PROPOSAL PENELITIAN


diajukan sebagai syarat untuk mengikuti seminar proposal penelitian dalam rangka penyusunan skripsi



oleh

NURUL HIKMAH
NIM 0808899


Description: Logo UPI.jpg




JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2011


PROPOSAL SKRIPSI
A.    Judul Penelitian
Judul penelitian ini adalah “ Upaya Meningkatkan Pembelajaran Menulis Iklan dengan Menggunakan Media Facebook (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Bandung Tahun Ajaran 2011-2012)”
B.     Latar Belakang Masalah
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh setiap pembelajar bahasa. Keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur (Tarigan, 1994:4).
Menulis merupakan kegiatan atau keterampilan yang masih dipandang sulit dan kompleks oleh sebagian besar siswa. karena menulis berkaitan erat dengan aktivitas berpikir yang  mensyaratkan sekaligus menuntut adanya kemampuan berfikir yang memadai yang menggambarkan keluasan wawasan dan menuntut berbagai aspek terkait lainnya, seperti penguasaan materi tulisan, pengetahuan Bahasa tulis, dan motivasi yang kuat.
Keterampilan menulis adalah keterampilan yang paling sulit jika dibandingkan dengan keterampilan lainnya seperti membaca dan menyimak untuk memperoleh informasi dan ide untuk dituangkan dalam tulisan. Menurut Nursisto (1999: 104), menulis merupakan kegiatan selangkah lebih maju guna memberdayakan potensi kreativitas siswa sekaligus menghadirkan pengorganisasian. Salah satu bentuk kegiatan menulis adalah menulis iklan.
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru kelas X dan siswa kelas X SMK Negeri 11 Bandung pada hari Jum’at tanggal 19 0ktober 2011 dalam pembelajaran menulis iklan, masih ditemukan beberapa kendala dan hambatan yang timbul dari guru maupun siswa di antaranya yaitu dalam proses pembelajaran menulis iklan selama ini kurang menggembirakan. Dapat disimpulkan bahwa guru  tidak bisa menggunakan teknik atau metode lain  selain tanya jawab, diskusi dan ceramah. Selain itu guru juga jarang menggunakan media dalam pembelajaran menulis dan hanya memberi contoh yang ada di buku ajar. Jadi, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam menulis iklan. Sedangkan peserta didik memerlukan suatu sistem pendidikan yang memberikan peluang untuk dapat mengekspresikan dirinya secara leluasa. 
Dari hasil wawancara pada sebagian siswa kelas X SMK Negeri 11 Bandung mengatakan bahwa siswa sering merasa malas dan mengalami kesulitan dalam pebelajaran menulis iklan yang dikarenakan oleh beberapa faktor, yaitu sulitnya menemukan ide atau inspirasi untuk menulis, sulitnya menuagkan ide ke dalam bentuk kalimat yang baik, dan sulitnya merancang kalimat yang komunikatif dan persuasive dalam menulis iklan.
Melihat dari kondisi tersebut, akhirnya penulis mempunyai ide untuk memperbaiki pembelajaran tersebut dengan memanfaatkan media facebook dalam pembelajaran menulis iklan di kelas X. karena pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui media tertentu ke penerima pesan (Yuniarti, 2009:2).
Internet dapat diberdayakan dalam pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah. Salah satu aplikasi di dalam internet yang dapat dimanfaatkan adalah facebook. Aplikasi ini berpotensi besar karena sifatnya sebagai buku catatan virtual yang ekonomis dan praktis.

C.    Perumusan dan Pemecahan Masalah
1.      Rumusan masalah
Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan pada tanggal 19 oktober 2011, penulis menemukan beberapa permasalahan mendasar yang menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan menulis iklan di kelas X SMK Negeri 11 Bandung. Permasalahan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut. Permasalahan yang pertama adalah hampir sebagian besar siswa kelas X SMK Negeri 11 Bnadung kesulitan untuk menulis iklan dengan bahasanya sendiri, kata-katanya sendiri atau pun gagasannya sendiri, Permasalahan yang kedua, siswa kesulitan menentukan tema sebuah iklan. Permasalahan yang ketiga adalah siswa kelas X SMK Negeri 11 Bandung mendapat kesulitan menggunakan kata-kata (kosakata) untuk dituangkan ke dalam sebuah iklan yang ingin mereka tulis. Masalah umum penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.      Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis iklan dengan menggunakan media facebook di SMK Negeri 11 Bandung?
2.      Bagaiman proses pembelajaran menulis iklan dengan menggunakan media facebook di SMK 11 Bandung?
3.       Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis poster dengan menggunakan media facebook di SMK Negeri 11 Bandung?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar